ASSALAMU'ALAIKUM, SELAMAT DATANG DI WEBSITE P2MK (PERSATUAN PELAJAR DAN MAHASISWA KETANJUNG) >Email ; p2mksaya@yahoo.co.id >Facebook ; Persatuan pelajar dan mahasiswa ketanjung

Santunan Yatim-Piatu

Minggu (11/12) bertempat di Makam Punden Mbah Surgi Zaenal Arifin Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, diadakanlah kegiatan Peringatan Haul Mbah Surgi Zaenal Abidin untuk Tahun 1433 H. Acara dimulai pada pukul 08.30 Wib dengan diawali pembacaan Salawat Nabi, Yasin dan Maulid Diba’ dari Jam’iyah Khadlroh Yatim-Piatu Demak, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian acara peringatan Haul yang diisi Mauidloh Hasanah oleh KH. Mas’ud Alwi dari Kota Kudus. Dalam mauidhohnya Kiai Mas’ud menyampaikan, bahwa acara seperti inilah yang perlu dilestarikan oleh warga masyarakat, karena sebagai luapan rasa terima kasih kita kepada para pendahulu yang telah berjasa dalam mengembangkan agama Islam. Apalagi Si Mbah Surgi Zaenal Abidin yang dalam silsilah masih keturunan dari Raden Rohmat (Sunan Ampel Surabaya, red) ini.
Dengan kegiatan semacam ini semoga dapat berdampak kepada masyarakat Desa Ketanjung agar diberi keberkahan hidup oleh Allah Swt yang meliputi kesejahteraan warga dari segi ekonomi dengan diberikannya hasil panen padi yang melimpah, keamanan wilayah setempat, anak-anak Desa yang Saleh-Salehah dan rejeki yang halal lagi berkah, urai Kiai Mas’ud sebagaimana dilansir dari kata sambutan Kepala Desa Ketanjung, H. Isa Ansori, ST. Kiai Mas’ud juga menyampaikan, bahwa Waliyullah (Kekasih Allah, red) adalah manusia agung selain Nabi dan Rasul yang dekat dengan Allah Swt. Kita sebagai manusia biasa yang banyak berlumuran dosa sudah sepatutnya untuk berusaha mengikuti jejak langkah beliau dalam membangun masyarakat secara ikhlas dan sabar agar dapat tercipta tatanan masyarakat yang religius penuh berkah limpahan kasih sayang dari Allah Swt.
Selanjutnya dalam rangkaian acara Haul ini, Rohmad Soleh, S. Pd. I. selaku Ketua Dewan Pembina P2MK sekaligus sebagai Ketua Panitia kegiatan didampingi Amin Saifudin (Presiden P2MK Periode 2009-2011) memberikan santunan kepada anak Yatim-Piatu di lingkungan Desa Ketanjung berjumlah 24 anak yang terdiri dari 14 Yatim dan 10 Piatu. Oleh komando dan prakarsa Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Ketanjung (P2MK) dan organisasi mitranya yaitu Karang Taruna. Alhamdulillah kegiatan santunan semacam ini sudah berjalan selama tiga tahun dan tahun ini untuk yang ketiga kalinya. Adapun dana santunan berasal dari iuran sukarela dari para anggota kedua organisasi tersebut dan donator-donatur di lingkungan Desa Ketanjung. Dia sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan santunan ini. Semoga sebagian rejeki para anggota dan donator serta sebagian uang saku para pelajar dan mahasiswa yang diberikannya secara ikhlas akan mendapat balasan dari Allah Swt dan dicatat sebagai amal saleh, harap Soleh begitu ia akrab disapa oleh teman-teman satu desanya.
Disampaikannya pula, bahwa kegiatan santunan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan dan masuk dalam program kerja kedua organisasi andalan desa tersebut. Kalau dua tahun yang lalu santunan hanya diberikan di wilayah ibu kota Desa, akan tetapi tahun ini (2011, red) kami sampaikan kepada anak-anak Yatim-Piatu di seluruh wilayah Desa Ketanjung yang terdiri dari empat pedukuhan. Acara santunan ini dilaksanakan selain dalam rangka menjalankan perintah agama juga untuk melatih kepekaan sosial anggotanya dalam kaitannya hidup bermasyarakat agar tercipta sebagai generasi yang memiliki solidaritas kepada anak-anak yang berpredikat sebagai “Yatim-Piatu” tersebut .







0 komentar:

Posting Komentar

Bagi teman-teman yang mau komentar silahkan di tulis di sini >>>>

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons