ASSALAMU'ALAIKUM, SELAMAT DATANG DI WEBSITE P2MK (PERSATUAN PELAJAR DAN MAHASISWA KETANJUNG) >Email ; p2mksaya@yahoo.co.id >Facebook ; Persatuan pelajar dan mahasiswa ketanjung

Letak Geografis Desa Ketanjung by p2mk

Desa Ketanjung kalau dilihat dari peta kabupaten Demak berada disebelah Timur dari pusat kota Demak dan berdekatan dengan kabupaten Kudus. Boleh dibilang setelah terjadinya alih fungsi sungai “Wali” yang merupakan batas desa Ketanjung dengan kabupaten Kudus terjadi perombakan oleh pihak pemerintah karena keberadaannya yang berkelok-kelok dan berbelok-belok dan dikatakan kurang enak dipandang mata, kemudian diputuskan untuk meluruskan sungai tersebut dan yang sekarang dikenal dengan nama sungai “Wulan” sebagai pembatas dan penghubung antara kabupaten Demak dan kabupaten Kudus pada khususnya, selain sebagai jalan propinsi (Pantura) juga sebagai jalan nasional pada umumnya. Dan yang dulunya terkenal sebagai sungai buatan “Wali” sekarang dikenal oleh warga desa Ketanjung dengan sebutan “Kali Mati”, karena tidak difungsikan lagi. Terjadinya alih fungsi dari sungai “Wali” tersebut ke sungai “Wulan” konon diperkirakan tatkala penjajah Belanda masih menjajah Indonesia, yaitu sekitar awal abad 20 (tahun 1900-an).
Dari peristiwa tersebut, akhirnya secara geografis membuat desa Ketanjung terbelah menjadi dua bagian, yaitu di barat dan timur sungai. Warga desa Ketanjung menyebut yang di barat sungai Wulan dengan “Brang Kulon” atau “Kulon Kali”, sebagian yang lain di timur sungai Wulan dengan “Brang Wetan” atau “Wetan Kali”, yang kemudian secara pandangan umum atau secara geografis Brang Kulonlah yang lokasinya berada tepat di kabupaten Demak, sedang Brang Wetan berada di kabupaten Kudus, meskipun secara administratif keduanya masih dalam lingkup pemerintah kabupaten Demak. Dan kebetulan juga Brang Kulonlah yang terdiri dari dua Rukun Warga yang mudah dijangkau dan dicari alamatnya secara administratif baik dari arah kabupaten Kudus maupun kabupaten Demak. Sedang yang Brang Wetan yang terdiri dari tiga Rukun Warga, kalau dari arah kota Demak ketika orang hendak ke pusat pemerintahan desa Ketanjung harus melintasi jembatan sungai Wulan ke arah kabupaten Kudus berhenti di traffic light jalan lingkar jurusan ke Pati-Surabaya kemudian jalan lurus sampai di traffic light Proliman (Tanjang Karang-Kudus, red) kemudian belok ke arah kanan jurusan Undaan-Purwodadi ± 1,5 KM sampai pada perempatan jembatan sungai Bakinah (batas desa Jetis Kapuan-Jati-Kudus dan Ngemplak-Undaan-Kudus) belok ke arah kanan lurus ± 0,5 KM. Dan bisa juga lewat pertigaan masjid desa Wates-Undaan-Kudus belok ke arah kanan (jika dari arah Kudus-Purwodadi dan belok kiri jika dari arah sebaliknya) masuk ± 350 M. Karena letaknya yang tidak berada pada pinggir jalan raya utama kota, boleh dikata desa ketanjung merupakan desa yang berada dipelosok atau pedalaman.
Dan khusus bagi pengendara roda dua (jika berjalan dari arah Demak ke Kota Kudus ), ada jalur alternatif agar lebih cepat sampai di ibu kota desa Ketanjung, yaitu setelah melintasi jembatan sungai Wulan ke arah kabupaten Kudus berhenti di traffic light jalan lingkar jurusan ke Pati-Surabaya ± 200 meter ada perempatan ditengah jalan kemudian belok kearah kanan (kalau dari arah Demak ke Kudus-Surabaya), dan dari traffic light Proliman dari jurusan ke Surabaya-Semarang lurus ± 500 meter ada perempatan ditengah jalan kemudian belok ke arah timur (kalau dari arah Kudus ke Demak-Semarang), kemudian masuk Gapura dengan bertuliskan Selamat Datang Di Dukuh Gendok (Jari Wetan-Kudus) lurus ± 80 meter melintasi jembatan kecil terus belok ke kiri dan sesampainya di Sekolah Dasar Negeri 3 Jati Wetan kemudian belok ke arah kanan lurus dan mentok di Kali Anyar kemudian belok kiri ± 100 meter hingga di jembatan yang melintasi Kali Anyar kemudian belok kearah kanan mengikuti jalan beton yang berada di tengah sawah ± 350 meter hingga tepat sampai di Desa Ketanjung tepatnya di RT 02 RW I. Dan jikalau dari arah Purwodadi ke Kudus lebih dekat dan enak lewat di jalur utama tadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi teman-teman yang mau komentar silahkan di tulis di sini >>>>

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons